jump to navigation

Berbagai Macam Zat Aditif Makanan dan Bahayanya Bagi Kesehatan Oktober 21, 2008

Posted by nitrosoxyde in Home.
trackback


Jika kamu mengonsumsi zat aditif buatan pada makanan dalam jumlah berlebih dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan-gangguan kesehatan antara lain :

Nama zat pengawet dan Penyakit yang ditimbulkan
1.Formalin :
Kanker paru-paru, gangguan pada alat pencernaan, penyakit jantung dan merusak sistem saraf.

2.Boraks :
Mual, muntah, diare, penyakit kulit, kerusakan ginjal, serta gangguan pada otak dan hati.

3.Natamysin :
Mual, muntah, tidak nafsu makan, diare dan perlukaan kulit.

4.Kalium Asetat :
Kerusakan fungsi ginjal.

5.Nitrit dan Nitrat :
Keracunan, mempengaruhi kemampuan sel darah membawa oksigen ke berbagai organ tubuh, sulit bernapas, sakit kepala, anemia, radang ginjal, dan muntah-muntah.

6.Kalsium Benzoate :
Memicu terjadinya serangan asma.

7.Sulfur Dioksida :
Perlukaan lambung, mempercepat serangan asma, mutasi genetik, kanker dan alergi.

9.Kalsium dan Natrium propionate :
Penggunaaan melebihi angka maksimum tersebut bisa menyebabkan migren, kelelahan, dan kesulitan tidur.

10.Natrium metasulfat :
Alergi pada kulit

Nama Zat Pewarna dan Penyakit yang ditimbulkan :

1.Rhodamin B (pewarna tekstil)
Kanker dan menimbulkan keracunan pada paru-paru, tenggorokan, hidung, dan usus

2.Tartazine
Meningkatkan kemungkinan hyperaktif pada masa kanak-kanak.

3.Sunset Yellow
Menyebabkan kerusakan kromosom

4. Ponceau 4R
Anemia dan kepekatan pada hemoglobin.

5.Carmoisine (merah)
Menyebabkan kanker hati dan menimbulkan alergi.

6.Quinoline Yellow
Hypertrophy, hyperplasia, carcinomas kelenjar tiroid

Nama Zat Pemanis dan Penyakit yang ditimbulkan

1.Siklamat :
Kanker (Karsinogenik)

2.Sakarin :
Infeksi dan Kanker kandung kemih

3.Aspartan :
Gangguan saraf dan tumor otak

4.Semua pemanis buatan :
Mutagenik

Nama Penyedap rasa dan Penyakit yang ditimbulkan

1.Mono natrium Glutamat dan Monosodium Glutamat:
Kelainan hati, trauma, Hipertensi, Stress, Demam tinggi, Mempercepat proses penuaan, Alergi kulit, Mual, Muntah, Migren, Asma, Ketidakmampuan belajar, Depresi.

 Tips Sehat Buat Kamu 
1. Usahakan bawa makanan dari rumah
2. Biasakan sarapan agar tidak terlalu banyak jajan
3. Banyak mengkonsumsi sayur, buah dan banyak minum air putih
4. Olahraga teratur
5. Cuci tangan sebelum makan
6. Tidak jajan di luar kantin sekolah
7. Teliti sebelum membeli makanan :
- Amati apakah makanan tersebut berwarna mencolok atau jauh berbeda dari warna aslinya. segarnya. Biasanya makanan yang mencolok warnanya mengandung pewarna tekstil
- Cicipi rasa makanan tersebut. Biasanya lidah kita juga cukup jeli membedakan mana makanan yang aman dan mana yang tidak. Makanan yang tidak aman umumnya berasa tajam, misalnya sangat gurih dan membuat lidah bergetar biasanya makanan-makanan ini mengandung penyedap rasa dan penambah aroma berlebih.
- Perhatikan kualitas makanan dan tanggal kadaluarsa. Apakah masih segar, atau malah sudah berjamur dan bisa menyebabkan keracunan.
- Baui juga aromanya. Bau apek atau tengik menandakan bahwa makanan tersebut sudah rusak atau terkontaminasi oleh mikroorganisme.
- Amati komposisinya. Bacalah dengan teliti adakah kandungan bahan-bahan makanan tambahan yang berbahaya yang bisa merusak kesehatan.
- Ingat juga, kriteria aman itu bervariasi. Aman buat satu orang belum tentu aman buat yang lainnya. Bisa saja pada anak tertentu bahan pengawet ini menimbulkan reaksi alergi. Tentu saja reaksi semacam ini tidak akan muncul jika konsumennya tidak memiliki riwayat alergi.

Sumber : http://www.gizi.net

Komentar»

1. HAFIZH - Oktober 22, 2008

memang zat aditif itu berbahaya tetapi kalau dikonsumsi dalam jangka waktu pendek tetapi sering apa berbahaya?

2. det - Oktober 22, 2008

wah tips ini cocok buat para pelajar dan mahasiswa. di mana ada sekolah atau kampus di situ ada penthol. dan biasanya penthol itu pake saos yang warnanya meraaaah banget. itu pakai pewarna textil lho… berbahaya banget!

belum lagi yang suka jajan tempura dan sejenisnya itu. itu kan gak sehat banget. gizinya sedikit banget. rasa enak itu dari perasa buatan. bukan dari daging beneran lho adek adek..

ayo dengerin ini penjelasan ibu guru.. jangan bandel yaa… gak mau kan nanti nilainya jelek gara-gara sering sakit akibat makan sembarangan????
:mrgreen:

3. nun1k04a - Oktober 22, 2008

Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
http://kesehatan.infogue.com/berbagai_macam_zat_aditif_makanan_dan_bahayanya_bagi_kesehatan

4. gama - Januari 13, 2009

oyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyeeeeeeeeeeeee!!!!!!!!!1
yg benerrrrrrrrr!
achaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
ala hotsaaaaaaaaaaaa!!!!!!
layang bule jagattttttttttttttt 2x
aulia rimbung aulia 2x
eHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHaaaaaaaaa!!!

5. Lu"k - Februari 18, 2009

bgus bwad tugas . ehehehe

6. ayla - Februari 23, 2009

tapi…masalahnya.orang Indonesia suka yang murah and serba instant.Tyuz gimana duonkz…????

7. Rere - Maret 22, 2009

Thank U . . .
Tugas Bio-ku jadi selesai deh . .

8. rosdalena - Maret 25, 2009

bagaimana bahaya zat aditif pada ginjal

9. farzz - April 4, 2009

makasih ats tips xa, bagi saya sangat bermanfaat bagi semua kalangan…

10. clara - Mei 1, 2009

punya info lain/nggak,ttg zat aditif?gue butuh bangeeeettttttt…..he,he,he

11. clara - Mei 6, 2009

lebih lengkap donnnnnkkkkkkk……………………..

12. vessakusumo.wordpress - Mei 18, 2009

mungkin setelah membaca ini bisa kita cegah untuk makan sembarangan…tapi jajanan anak-anak SD aja wah..wah parah dari pewarna ampe pengawet dg takaran yg PArah…

maulida - Maret 12, 2010

za saya setuju…tapi tu smw tergantung manusianya cendri

13. Ikh - Februari 2, 2010

hmmmm…. I know that!!

14. qowam - Februari 8, 2010

gandeng…………………………………………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

15. fathur - Februari 8, 2010

aq ganteung.@@@@@@@@

hafidz - Februari 8, 2010

aku lebih ganteng

16. shidhiq - Februari 8, 2010

bukan…… husain yang cantik

17. maulida - Maret 12, 2010

lahaa zoo too koq ngeri banget bcanya??…….

18. mosleman - Maret 30, 2010

buat BIO-KIM pas banget nih……..

19. MUIZ - April 3, 2010

banTu GUE NYLESAEIN BIOLOGI

20. fariz - Mei 24, 2010

lumayanlah

21. teddy indrawan - Juni 7, 2010

thx ya…artikelny OK


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: