jump to navigation

Memaknai kembali kesuksesan dalam pekerjaan September 29, 2008

Posted by nitrosoxyde in Home.
Tags:
trackback

Pertanyaan menarik yang sering muncul dalam keseharian kita adalah, “Apakah kerja itu? Mengapa kita harus bekerja, dan bagaimana agar kerja kita memberi hasil?”
Kerja merupakan suatu usaha yang dilakukan sendiri maupun bersama-sama menghasilkan sesuatu bagi orang lain dan secara langsung maupun tidak langsung memberikan dampak positif bagi si pekerja itu sendiri. Kata kunci kerja di sini adalah usaha dan dampak positif.
Usaha dalam bekerja sering diartikan kerja yang sungguh-sungguh. Ada pengorbanan, tidak selalu memperoleh yang terbaik, namun menikmati proses yang terbaik. Karena segalanya perlu proses. Kerja sungguh-sungguh bukan berarti bekerja keras, namun bekerja cerdas (smart work) berlandaskan keseimbangan hidup, yaitu masih terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan lain disamping berkerja. Misalnya menikmati waktu yang cukup untuk berkumpul dengan keluarga, bersosialisasi dengan tetangga, dan berekreasi. Betapa nikmatnya jika waktu tidak habis sepenuhnya hanya untuk berkerja sepanjang hari. Inilah kunci sukses untuk meraih kesejahteraan. Jadi jika ada orang yang mengeluh waktunya habis untuk bekerja, apakah harus demikian????
Sukses dalam kerja bukan dilihat dari berapa banyak uang yang diperoleh. Sukses dalam kerja bukan juga dilihat seberapa tinggi jabatan yang telah dicapai. Karena dalam kenyataannya banyak orang yang terjebak dengan dua hal di atas, ujung-ujungnya stress, korupsi dan masuk ke penjara karena sifat dasar manusia yang tidak pernah puas. Sukses dalam berkerja juga mencakup dampak positif yang dapat merubah kita menjadi lebih arif , bijak , dan dewasa dalam memaknai hidup. Jika dengan bekerja moral dan nurani kita jadi menurun untuk apa?

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: