jump to navigation

Tips Meningkatkan rasa PD anak saat belajar September 29, 2008

Posted by nitrosoxyde in Home.
trackback

Hasil penelitian menyatakan bahwa anak-anak dengan rasa percaya diri yang tinggi mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan mempunyai daya kreatifitas yang tinggi. Orang tua dengan rasa percaya diri yang tinggi cenderung mempunyai anak-anak dengan rasa percaya diri yang tinggi pula.
Rasa percaya diri anak dapat diperbesar dengan berbagai upaya, antara lain :
1)Cintailah dia karena dirinya sendiri, bukan karena apa yang dilakukannya. Kritiklah tingkah lakunya, jangan pernah mengkritik diri anak. Dia adalah anak spesial yang pada saat tertentu dapat berperilaku buruk.
2)Berhati-hatilah meningkatkan aktivitasnya sehingga anak dapat didorong untuk maju secara berangsur-angsur. Bila dia merasa tugasnya terlalu sulit, sederhanakanlah sehingga dia dapat mengerjakannya dengan berhasil.
3)Tunjukkan kepadanya bahwa sebagai guru, anda sangat bangga karena ia telah mencoba mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya, walaupun dia belum berhasil melakukan yang terbaik.
4)Sediakan tantangan bagi anak sehingga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya, karena sukses mengerjakan sesuatu yang dianggap sulit atau penting baginya dapat meningkatkan rasa percaya diri.
5)Pilih tantangan bagi anak yang memiliki resiko kegagalan minimum. Sebab, bila dia terus menerus gagal, rasa percaya diri anak akan terjun bebas. (Dimaksudkan agar dia merasa mampu dan berguna)
6)Jangan menceritakan pentingnya sukses sebelum dia mencoba aktivitas tersebut. Pastikan dia berusaha keras untuk mencoba dan melakukan yang terbaik.
Namun demikian, jangan lupa untuk selalu menyeimbangkan rasa percaya diri anak dengan kesadaran diri yang baik sebagai makhluk Tuhan, karena dia atas semua yang bisa dia lakukan tidak lebih karena berkah dan anugerah yang di amanahkan Tuhan kepadanya untuk dimanfaatkan untuk kepentingan sesama dan dirinya sendiri.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: