jump to navigation

Menghablur? Februari 10, 2009

Posted by nitrosoxyde in 1.
trackback

“Menghablur” , saya sering tersenyum mendengar kata yang satu ini. terasa agak aneh di telinga. menghablur di sebut juga  mengkristal atau desposisi. kata ini sering disebut pada saat pelajaran fisika khususnya bab wujud zat. menghablur adalah perubahan wujud zat dari gas ke padat,  kebalikan dari menyublim. bila ditanyakan ke anak-anak contoh perubahan wujud mencair, membeku, mengembun, menguap, dan menyublim mereka akan dengan mudah menyebutkan contohnya. pertanyaan ini sering dilontarkan siswa “Bu apakah contoh perubahan wujud dari gas ke padat?. agak sulit memang karena perubahan wujud ini jarang kita temui dan bahkan pada beberapa buku sd dan smp disebutkan perubahan wujud dari gas ke padat juga menyublim! gawat! ;>. hanya beberapa buku yang memberikan contoh menghablur itupun dengan contoh yang sulit dipahami anak smp misalnya pembuatan ammonium sulfat dan ammonium nitrat bahan pupuk.
salah cara mudah untuk menjelaskannya adalah dengan memberi contoh es kering. Es kering dibuat di pabrik yang khusus membuat itu, yaitu dengan cara “memasukkan”  karbondioksida ke ruangan yang bertekanan tinggi. Pada saat tekanan dikeluarkan, karbondioksida  itu akan berubah menjadi butir-butir padat yang kemudian dibentuk menjadi dry ice alias es kering. mereka bisa melihat es kering ini di penjual es keliling untuk mempertahankan suhu pada penyimpanan es (wall’s, campina dll), warnanya putih bersih dan dibentuk balok .Es kering ini tidak “mencair” namun menguap menjadi gas, disebut juga me-NYUBLIM. Tidak seperti sewaktu kita menggunakan es batu biasa, menggunakan es kering tidak akan menyebabkan wadah menjadi basah atau lembab. contoh lain penggunaan es kering adalah efek asap di panggung seperti yang sering kita lihat di TV.

Komentar»

1. denologis - Februari 10, 2009

jadi ingat lirik dalam salah satu lagu Efek Rumah Kaca….😀

2. Gaby - Maret 13, 2009

tolong tanya..
anda berkata “hanya beberapa buku yang memberikan contoh menghablur itupun dengan contoh yang sulit dipahami anak smp misalnya pembuatan ammonium sulfat dan ammonium nitrat bahan pupuk”. Boleh saya tahu itu buku apa? judul dan siapa pengarangnya?
terima kasih..

3. Gaby - Maret 13, 2009

tolong tanya..
anda berkata “hanya beberapa buku yang memberikan contoh menghablur itupun dengan contoh yang sulit dipahami anak smp misalnya pembuatan ammonium sulfat dan ammonium nitrat bahan pupuk”. Boleh saya tahu itu buku apa? judul dan siapa pengarangnya?
terima kasih..

4. D-x - April 24, 2009

kebalik kale…yang bener menghablur tuh dari gas ke padat…contoh pada kapur barus…

5. Mudjoko - Agustus 7, 2009

Artikle yang bagus, bu….bisa nambah pengetahuan. Memang banyak buku sekolah yang menyajikan istilah tertentu namun kurang bisa menjelaskan dan memberi contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa lebih mudah memahaminya.

Tambah lagi donk, bu………artikle yang gituan…..=D>

6. ranny - September 7, 2009

kalo es batu yang balok kan terkadang menguap juga atau seperti ada gas juga, jadi bukan hanya es kering sajakannn….

7. rika novita - Januari 27, 2010

Ass, makasih bu ats infonya…. Akhirnya sy menemukan jawaban contoh dari benda yg menghablur tp yg bisa di terima/ pahami anak kls 5 SD…kebetulan besok dia ulangan IPA…Salam kenal dari saya…wassalam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: